8 Kuliner Khas Garut Yang Harus Dicoba

8 Kuliner Khas Garut Yang Harus Dicoba

suzannescuisine – Tentunya jika berbicara tentang kawasan ini, tidak mengherankan bila kita memikirkan tentang ciri-ciri kawasan tersebut. Setiap daerah pasti mempunyai suatu makanan khas yang menjadi ciri atau berbahan baku dari kekayaan alam yang dimilikinya. Tidak hanya itu, makanan khas itu pastinya dapat dijadikan buah tangan ataupun oleh oleh khas yang istimewa untuk siapapun yang berkunjung ke wilayah itu. Tidak dibantah siapapun yang tiba ke sesuatu area tentu mau membeli oleh oleh bagus buat dinikmati sendiri ataupun buat diserahkan pada saudara serta sahabat. Sedemikian itu pula dengan Garut, walaupun Garut tercantum kota kecil tetapi terdapat beraneka ragam tempat wisata Garut yang pantas didatangi dan bermacam berbagai hidangan makanan khas Garut yang dapat kalian coba ataupun peruntukan oleh oleh buat keluarga dirumah. Berikut ini 8 Kuliner Khas Garut Yang Harus Dicoba kami rangkum dari berbagai sumber :

8 Kuliner Khas Garut Yang Harus Dicoba

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Kompas.com

Nasi liwet sunda sebenarnya tidak dimasak dengan santan. Nasi yang simpel dan enak dimasak dengan bumbu sederhana, seperti serai, daun bawang, daun salam, dan cabai.Sebagai hidangan pembuka, millet biasanya ditambahkan dengan ikan atau ikan asin. Lalu pasangkan dengan lauk utama, sayur asem dan sambal. Untuk memberi Anda informasi lebih lanjut, nasi biasanya tidak dimasak seperti nasi cincang dan kemudian dikukus. Bubur dimasak dari mentah hingga matang hingga matang dalam panci dengan dasar yang tebal agar tidak mudah gosong.

Konon nasi yang dibungkus dengan Sunda berasal dari komunitas yang sedang berkembang. Mereka membawa nasi untuk makan siang di sawah.Biasanya masyarakat yang tinggal di sekitar perkebunan akan membawa perbekalan beserta ketelnya. Ketel ini adalah alat untuk menanak nasi. Tutup panci ini dengan rapat agar nasi tetap hangat di kemudian hari.Kamu juga tahu kalau nasi asin asli sunda ini juga nggak dijual lho. Mereka mengkonsumsi sendiri untuk menghemat uang di kebun. Bagaimanapun, manor itu jauh dari mana-mana. Tentunya sulit untuk mencari warung yang menjual makanan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Nasi liwet dari bahasa Sunda menggunakan ceret atau kastor untuk membawa nasi. Tentunya Anda juga bisa menikmati nasi dengan ketel.Nasi liwet sunda juga bisa disantap dengan lauk pauk. Karena dimasak dengan lauk pauk, silahkan langsung dikonsumsi.Biasanya lauk yang digunakan adalah sejenis ikan. Bisa ikan peda merah, ikan kembung pindang, atau ikan asin. Jadi, tentu saja Sun yang lain tidak boleh melewatkan sayuran dan bumbu mereka.

2. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk
kuliner enak

Sambel Cibiuk merupakan penganan khas di Garut, terutama di Kacamatan Cibiuk. Sekilas, bumbu ini tidak ada bedanya dengan sambel lainnya. Namun dari segi bahan dan rasa, sambal memiliki cita rasa yang unik. Ada mitos yang beredar tentang sambal ini, betapapun panasnya rasanya, orang yang memakannya tidak akan pernah sakit perut. Kuah cbiuk ada dua macam, yaitu kuah hijau dan kuah merah. Kuah cabai merah terbuat dari tomat merah, paprika merah, daun kemangi, gula pasir, garam, bawang putih, bawang merah dan kencur; sambal hijau terbuat dari tomat hijau, cabai hijau, kemangi, gula pasir, garam, bawang putih, bawang merah dan terbuat dari kencur. Terkadang, Anda perlu menambahkan terasi. Menurut kepercayaan masyarakat Cibiuk, untuk membuat sambal cibiuk dengan gambar rasa asli harus menguasai mantra ini terlebih dahulu.

Cibiuk Sambal ini sudah populer sejak tahun 90-an. Bahkan ada restoran yang namanya diambil dari Sambal Cibiuk dan sambal menjadi menu andalannya. Nyatanya, kepopuleran sambal ini sudah berkembang sejak lama.Dalam bumbu ini terdapat 3 macam bumbu yang masing-masing memiliki aroma yang kuat dan rasa yang enak. Daun kemangi, kencur dan terasi. Biasanya terasi yang digunakan dalam Sambal Cibiuk adalah terasi mentah yang dibakar. Masukkan tiga macam bumbu ke dalam sambal untuk mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Selain menghasilkan aroma yang nikmat, ketiga bumbu tersebut juga bisa menimbulkan rasa yang luar biasa saat disantap. Selain pedas, Sambal Cibiuk juga menggunakan tomat hijau mentahnya untuk memberikan kesegaran. Apalagi jika dipadukan dengan nasi ala sunda yang masih mengepul. Jangan lupa akhiri dengan ikan laut asin.

Baca Juga : Makanan Yang Cocok Untuk Orang Vegetarian,Cara Membuatnya

3. Soto Ayam Garut

Soto Ayam Garut
MerahPutih

Soto Ayam Garut sangat terkenal di kalangan wisatawan. Pasalnya, munculnya sup ini bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan. Kuah yalu memiliki rasa yang asin dan asin. Perpaduan keduanya merupakan perpaduan antara santan kuning kental dan bumbu-bumbu pilihan.Selain penampilannya yang unik dan rasanya yang gurih, soto ayam garut ditaburi kacang kedelai goreng. Kedelai goreng dan daun bawang menambah cita rasa unik pada kelezatan ini.Dalam semangkuk sop ayam Garut, Anda akan menemukan suwiran ayam, bihun, dan sejumput bawang goreng. Soto ini bisa disantap dengan nasi putih hangat atau dengan soto.

Warga Garut suka menggunakan soto ayam ini sebagai menu sarapan atau makan malam. Di Garut, Kedai Soto Ahri adalah tempat paling populer bagi wisatawan untuk minum sop. Soto ayam dan daging disajikan di tokonya. Keduanya sama-sama enak, dengan bumbu yang kaya, dan menyatu dengan pas. Tak heran jika warung ini sudah dua generasi menyajikan soto khas Garut, soto ayam Garut yang hangat sangat cocok dinikmati saat cuaca mendung dan dingin.

4. Es Goyobod

Es Goyobod
Lifestyle

Es goyobod adalah minuman dingin kelapa berbahan dasar santan, mirip dengan es campur. Es Goyobod juga dikenal sebagai minuman khas Garut. Minuman ini terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau, yang disebut “hunkwe”. Bahan lainnya antara lain alpukat dan kelapa cincang Minuman ini disukai banyak wisatawan karena rasanya yang menyegarkan. Es goyobod hampir sama dengan es campur. Bedanya, kanji ditambahkan ke es Goyobod. Biasanya es goyobod ini biasanya dilengkapi dengan alpukat, kelapa muda, roti tawar, daun pir, henna cina atau makanan pendamping bolak-balik.Minuman orisinil Garut ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas, dan juga bisa dijadikan pilihan takjil saat berbuka puasa.

Minuman khas ini berasal dari bahasa lain Sun, dan sebenarnya berasal dari bahasa Belanda “Goyobod” yang artinya basah. Goyobod merupakan es tradisional dengan rasa yang unik, berbeda dengan es tradisional di daerah lain. Sepotong roti, henna khas China, rasa asam manis dengan singkong, dan parutan kelapa gurih manis, ditelan dalam satu gigitan.Meski nama goyobod ice berasal dari Belanda, goyobod tidak memiliki keju, terbuat dari bahan kelapa. Terbuat dari susu dan susu, es batu yang gurih dan manis.Goyobod beku sangat cocok dijadikan santapan tacogill saat perut kosong. Rasanya manis, asin, asam dan kenyal. Setelah beberapa saat akan menyapa lidah dan mulut setelah seharian berpuasa.

Es goyobod memiliki sejarah yang panjang karena ditemukan pada tahun 1930. Ada banyak versi cerita tentang penemunya, dimulai dengan Junardi di Jakarta dan tidak berdagang di gunung es sampai sekitar tahun 1940 setelah putranya Usup melanjutkan perdagangannya di Bandung. Ada juga yang bercerita bahwa es goyobod pertama kali dijual oleh Abah Aca di daerah Banceuy, namun saat terjadi peristiwa Bandung, ia pindah ke Garut dan anaknya tetap menjalankan usahanya. Bisa ditemukan di pedagang gerobak yang menjualnya di Alun-Alun Garut, di sebelah Pusat Pengembalian Garut dan Jalan Pajajaran, Pusat Kerajinan Kulit Sukaregang, Jalan RS depan Kantor Arsip Garut, di sekitar Simpang Lima dan pemerintah daerah.

5. Surabi

Surabi
Potensi Bisnis

Memang sebagian dari kita belum mengenal Surabi. Makanan berbahan dasar tepung beras, tepung terigu dan kelapa muda bubuk sebenarnya bukan jenis makanan baru. Pasalnya, beberapa daerah juga memiliki makanan yang sama.

Surabi telah lama populer di Garut dan Bandung di Jawa Barat, tetapi serabi juga ditemukan di banyak daerah di Jawa Tengah, dan bahan bakunya relatif sama dengan surabi. Bahkan di Sumatera Barat, ada pancake.Bahan dasar makanan berbentuk bulat yang dimasak dalam periuk tanah hampir sama. Karena bahan dasar kelapa muda atau santan, rasa dasarnya juga sama dan enak. Perbedaannya terletak pada ketebalan bahan atau topping lain dan daging surabi.

Jika Surabi Garut berdaging tebal dan memiliki berbagai macam topping, seperti coklat, strawberry, oncom, jagung, kurma, ayam, sosis dengan rasa manis atau pedas, maka Serabi Solo biasanya diberi topping coklat atau nangka dan daging yang lebih encer, yang kemudian bisa digulung. Menjadi irisan tipis. Daging patong tidak kental, dan bisa dimakan dengan santan manis. Ada juga Serabi Betawi yang mirip dengan Surabi, tapi kinca atau sambalnya ini adalah gula merah cair.

Baca Juga : Resep Camilan Yang Tak membikin Kamu Gendut

6. Awug

awug
jajanan enak

Awug adalah makanan / jajanan khas Jawa Barat. Di Garut, Awug sangat populer di kalangan pecinta memasak. Mengapa? Sebab di Garut, ada satu tempat yang sebagian masyarakatnya memiliki keahlian membuat makanan jenis ini, yaitu Panawuan. Awug Panawanan memang terkenal dengan rasa kelapa parutnya yang lembut, manis, dan gurih. Awug terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa parut. Dengan bahan yang sama dapat juga digunakan sebagai snack lain dengan nama yang berbeda yaitu Kue Putuo Perbedaannya, Kue Putuo dicetak di atas potongan bambu kecil berukuran panjang sekitar 6 cm, sedangkan Awug dicetak di Asupan. (Aseupan) Bentuknya dari piramida. Jika ingin mencobanya, Awug Garut banyak dijual oleh pedagang kaki lima.

Situs Sarihusada mengklaim bahwa awug itu berasal dari Cimahi, dan Ini Garut mengatakan dia mengutamakan Panawuan. Menurut Ini Garut, Awug Panawuan dikenal dengan rasa kelapa parut yang lembut, manis, dan gurih. Situs itu pula mengklaim kalau pendamping Awug( mereka menyebutnya begitu), kelepon merupakan makanan khas Garut. Tidak hanya itu, Ini Garut mengklaim apalagi Awug serta Kelepon kerap dipakai sebagai pengganti kue Tart Cake di hari balik tahun mereka. Bisa jadi pengarang pula dapat menulis dalam bahasa Jerman alhasil kerutinan kata benda Indonesia yang dimulai dengan huruf kapital senantiasa dipertahankan.

Ada banyak versi tentang asal usul Awug. Namun informasi yang paling banyak dikutip berasal dari Perpustakaan Digital Kebudayaan Indonesia: Ajang Muhidin, yang menceritakan pertama kali melihat neneknya ketakutan di desanya Cicalengka. Kemudian dia menyalinnya dan berhasil membuat Awug lezat yang sama. Kemudian, ia mencoba peruntungannya dengan berjualan awug di Bandung. Saat itu tahun 1978, dan tidak ada yang berjualan awug di sekitar Bandung.Kisah Ajang Muhidin, penjual awug pertama di dunia, berlanjut seperti ini: Ajang Muhidin berjualan awug di Pasar Cicadas dengan menggunakan gerobak. Barang dagangannya laris manis, sehingga dia bisa membeli kios untuk berjualan awug Cibeunying pada tahun 1980.

7. Burayo

Burayo
cookpad

Burayot adalah sebutan makanan khas Garut. Meski banyak makanan khas di Garut, terutama masakan khas daerah masing-masing, mungkin di luar, yang paling terkenal di Garut adalah dodol. Burayot terkenal di kalangan masyarakat Leles, Kadungora dan Wanaraja, dan rasanya yang manis dan enak membuat banyak orang menyukainya. Burayot atau ngaburayot dalam bahasa Dan artinya menggantung. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa jenis makanan ini memang terlambat atau terlambat.

Burayot ini terbuat dari bahan yang tidak sulit ditemukan di banyak tempat yaitu gula merah, minyak kelapa, kacang tanah dan bihun. Proses pembuatannya tidak sulit. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menumbuk nasi merah menjadi bihun. Pertama, cairkan gula merah. Sementara kacang merah digoreng tanpa minyak, atau digoreng dengan bahasa Sunda (Sunda), proses ini disebut Disangray. Lalu kocok hingga halus. Kemudian masukkan kacang merah halus dan bihun ke dalam cairan gula merah yang telah dilelehkan dan didinginkan. Kemudian dibuat menjadi adonan dengan cara diaduk hingga tercampur lalu dibentuk untuk kemudian digoreng dalam wajan.

Tiriskan setelah masak. Saat mengeringkan dari pot, itu harus dikeluarkan dengan tongkat bambu. Karena sifatnya yang lembut, jika diangkat dengan tongkat bambu akan terlihat seperti digantung atau digantung, makanya makanan ini disebut burayot. Bagi yang berkunjung ke Kota Garut atau masyarakat sekitarnya, jangan lupa untuk mencoba burayot yang dibeli di setiap toko makanan khas Garut. Selain menyajikan Dudor dan Bloyt, Anda juga perlu mencoba berbagai makanan khas Garut, dan rasanya paling enak untuk lidah Anda.

8. Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti
Ramah Traveler

Kalau pernah ke Garut pasti tahu apa itu Kue Balok.Ini adalah kue balok yang pernah populer di sinetron Preman Pensiun. Ceritanya Kang Mus dari Bandung datang ke Garut hanya untuk membeli balok tepatnya, Beragam kue balok dengan cita rasa unik lahir di Garut. Di Kadungora kita akan membahas tentang kue balok yang berdiri sejak tahun 1941, selain kue balok maranti dan abah mantap. Di Google, kita pasti akan menemukan waktu berdirinya Kue Balok dan pencipta paling awal.

Kue Balok di Kadungora sebenarnya merupakan usaha turun-temurun yang memiliki ikatan kekeluargaan antara satu sama lain, seperti kue Aseli Balok tahun 1941, kue Maranti Balok dan kue Abah Mantap Balok.Kue Balok yang sebagian besar berasal dari Kp Sinyar dan Kp. Sukamaju Desa Kadungora, Kec. Kadungora. Kadungora memiliki hubungan kekeluargaan, dan usahanya telah diturunkan dari generasi ke generasi, dan telah memulai usahanya di berbagai bidang dari daerah ini. Garut sendiri misalnya di Kec. Kadungora, Leles hingga Garut Kota juga berada di luar wilayah Kab. Garut.

Makan kue balok dengan secangkir kopi / susu merupakan keunikan tersendiri, karena kue balok sangat bagus untuk disantap dengan kopi / susu, biasanya kue balok akan nongkrong di gedung semi permanen hingga menjadi barang permanen, dan rata-rata di Sore harinya pedagang kue balok datang di tengah-tengah, dan malam harinya ada yang datang di pagi hari, karena saat itu kue balok lebih enak. Kue Balok adalah kue yang renyah dan enak. Rasanya enak saat pertama kali diramu di Garut’s Indonesia. Ini pertama kali berdiri di Kadungora. Jika Anda suka ke Garut pada malam hari untuk mencicipi makanan, Anda akan menemukan warung atau toko bertanda sebagai Kue Balok dan Anda Saat kendaraan berjalan perlahan, Anda akan mencium aroma potongan kue yang tertiup angin malam, lalu segera parkir kendaraan di depan toko / kios tempat penjualan kue tersebut.

Share and Enjoy !

0Shares

suzcuise31

0Shares
0 0