Makanan Khas Pontianak Yang Menggugah Selera

Makanan Khas Pontianak Yang Menggugah Selera

suzannescuisine – Bingung mencari aktivitas di Pontianak? Tidak perlu bingung, karena Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata di Pontianak. Selain mengunjungi tempat wisata di ibu kota Kalimantan Barat ini, kamu juga bisa berwisata gastronomi dan mencoba makanan khas Pontianak yang terbaik!Jika Anda ke Pontianak tanpa mencicipi makanan khas kota tersebut, sayang sekali. Pasalnya, lho, ada berbagai makanan khas Pontianak yang memanjakan lidah. Bagi Anda yang beragama Islam tentunya tidak perlu khawatir, karena di kota ini banyak sekali makanan yang enak dan halal. Berikut ini beberapa Makanan Khas Pontianak Yang Menggugah Selera yang kami rangkum dari berbagai sumber :

Makanan Khas Pontianak Yang Menggugah Selera

Makanan Khas Pontianak Yang Menggugah Selera

– Choi Pan
Makanan khas Pontianak yang satu ini merupakan Chai Kwe ataupun Choi Pan. Walaupun kue ini ialah jajanan khas Tionghoa, tetapi kue ini halal. Ini ialah sayuran semacam kucai, kacang, bengkoang, rebung, serta talas dibungkus dengan adonan tepung beras. Setelah itu, di atas kue ini diberi taburan bawang putih goreng alhasil rasanya terus menjadi nikmat. Chai Kwe dihidangkan dengan metode dikukus ataupun digoreng. Kamu cuma tinggal memilih hidangan kue ini cocok selera. Sebagian pedagang Chai Kwe pula meningkatkan saus khas yang buat kue ini terus menjadi nikmat.

Kue ini mendekati pangsit, wujudnya segitiga serta rupanya putih. Kulitnya halus mulur dengan isian bengkuang yang diserut lembut. Dengan bahan bawang serta udang kering rasanya krenyes enak lezat. Terlebih dikonsumsi dengan cocolan sambal bawang putih yang harum pedas menggigit! Huah!!! Untuk camilan di sore hari pula ok ataupun untuk makan pagi juga pula mengenyangkan. Penganan ataupun kue ini diucap dengan nama Choi Pan bagi sebutan Tio Chiu ataupun Chai Kue, bagi sebutan Hakka. Sejenak mendekati dumpling nama lain pangsit. Walaupun diakui sebagai makanan Pontianak namun di Area pula banyak ditemukan choipan. Baik dijual di pasar, rumah makan ataupun penjaja keliling yang berteriak- teriak masuk pergi perumahan. Santapan ini banyak disukai sebab rasanya yang sederhana namun lumayan mengenyangkan.

Ddisebut choipan sebab kue ini isinya sayuran. Yang digunakan isian merupakan bengkuang yang diserut lembut ataupun pepaya muda. Dengan bahan bawang putih serta udang kering, isian ini jadi enak lezat. Sedangkan adukan kulitnya terbuat dari kombinasi tepung beras serta tepung bubur sagu. Adonan putih ini setelah itu digilas tipis, diisi adonan isi serta dilipat wujud sgeitiga kemudian dikukus. Sebab itu rasanya halus kenyal, mendekati adonan dim sum biasanya. Sebaliknya isiannya renyah enak. Pendamping untuk choipan ini merupakan sambal yang terbuat dari cabai rawit merah serta bawang putih. Rasa pedas menggigit membuat choipan yang halus kian lezat saja.

Baca Juga : Inilah Makanan Khas Kuningan di Jawa Barat yang Harus Dicoba

– Pengkang
Pengkang sendiri ialah makan khas Kalimantan Barat, yang pula bisa dengan gampang ditemui di Kota Pontianak. Sedikit mendekati dengan lemper di Jawa, Pengkang dibuat dari ketan ataupun di Kalbar diucap pulut yang bermuatan udang udang kering. Dikemas dengan metode yang istimewa, dengan bungkus daun pisang berupa segitiga serupa kaki yang dijepit dengan bambu. Sebab citarasanya yang istimewa serta wujud yang khas, Pengkang banyak dikejar para wisata kuliner yang berkunjung ke Pontianak.

Maklum saja, citarasa beras ketan yang enak serta isi udang udang kering kering yang manis ditambah bau aroma daun pisang dibakar buat membungkusnya hendak mengundang selera buat segera menyantapnya. Walaupun rasanya istimewa, tetapi penyajiaannya lumayan efisien, berbahan dasar beras ketan yang diaron terlebih dulu dengan air santan kelapa, setelah itu diisi dengan udang udang kering kering, setelah itu dibungkus dengan daun pisang. Pengkang yang telah dikukus, setelah itu dijempit dengan sebilah bambu yang sebelah ujungnya diikat. Daun pisang pembungkus pengkang diolesi minyak makan kemudian terbakar di atas kobaran api, setelah daun kira- kira mengering hingga Pengkang sedia buat dihidangkan. Sebab penyajiaannya yang efisien itu, kabarnya dulu Pengkang sering dijadikan selaku bekal ketika mencari ataupun berangkat berladang.

Walaupun bentuknya semacam nasi bakar, tetapi ini lebih mendekati semacam jajanan. Bisa dikatakan kalau pengkang ini kira- kira mendekati dengan kue lemper. Pengkang dibuat dari beras ketan yang dalamnya diisi dengan udang kering, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibungkus dengan wujud kerucut, pengkang diikat dengan bambu kemudian terbakar sampai matang. Buat menikmati pengkang, Kamu bisa menikmatinya dengan sambal kepah ataupun sambal kerang. Makanan khas yang satu ini dapat Kamu temui di area pantai. Apakah Kamu berkeinginan buat mencicipi keenakan pengkang yang legendaris ini?

– Jorong-jorong
Kue jorong-jorong merupakan salah satu kue tradisional khas Pontianak wilayah Kalimantan Barat yang dilapisi daun pandan. Komposisi kuenya yang lembut dan mengeluarkan aroma daun pandan, kue jenis ini juga populer di kalangan warga Pontianak untuk berbuka puasa. Kue yang dibuat dengan metode mengukus ini memancarkan aroma khas daun pandan. Aromanya meluap karena kue jorong-jorong ini dicetak dengan daun pandan besar, dilipat atau ditenun menjadi wadah persegi.

Cita rasa dari kue tradisional ini tidak sangat manis. Tidak hanya itu gurihnya rasa santan yang bercampur dengan aci beras amat halus buat dinikmati dikala berbuka puasa. Kue ini nampak selalu dihidangkan oleh pedagang takjil di Kota Pontianak, sebab peminatnya di bulan ramadhan yang lumayan banyak. Kue Jorong- jorong pastinya bisa dinikmati dengan bermacam berbagai topping di atasnya, cocok dengan hasrat penyantap. Umumnya, kue ini dikonsumsi dengan topping selai buah- buahan, butiran coklat, krimer kental manis coklat serta masih banyak lagi.

Dipatok mulai dari Rp 2. 000, kue ini laris dibeli oleh warga buat hidangan berbuka. Tidak cuma itu, kue ini pula jadi kue nostalgia dikala sekolah. Tetapi, pedagang kue tradisional ini telah mulai susah ditemui keberadaannya di sekolah- sekolah, sebab orang dagang Jorong- jorong pula bersaing dengan orang dagang kue modern yang lain.Kue ini dibuat dari tepung beras serta santan asli. Setelah itu, adonan di tempatkan di dalam daun pisang yang telah dibangun semacam media persegi. Diperlukan kemampuan spesial buat membuat jorong- jorong yang lezat. Kita pula dapat membuat rasa kue ini jadi terus menjadi lezat bila dikala makan kita meningkatkan dengan gula merah cair. Wah, rasa kue ini memanglah sesuai buat takjil buka puasa!

Baca Juga : Alternatif untuk Pengganti Bahan-bahan Masakan Meksiko di Rumah

– Sotong Pangkong
Sotong Pangkong ini yang terdiri dari 2 kata ialah sotong( cumi) serta pangkong( maksudnya pukul dalam bahasa Melayu Pontianak). Salah satu kuliner hits yang gampang ditemui dikala petang sampai malam hari ini mempunyai banyak peminat. Hidangan ini bisa dinikmati oleh siapa juga sebab harganya yang terjangkau dan cita rasanya yang sedemikian itu khas. Ditambah lagi dengan metode penyajiannya yang dapat dikatakan sederhana tetapi istimewa.

Cumi goreng atau bakar mungkin biasa saja. Saat di Pontianak, cobalah Sotong Pangkong. Cumi ini dimasak dengan cara dibakar. Cumi-cumi dikeringkan terlebih dahulu kemudian dipanggang hingga matang. Setelah dipanggang, cumi-cumi akan dipukuli, dan teksturnya akan lebih halus dan tidak keras. Banyak orang menyukai cumi lubang piring dengan selai kacang atau saus cabai manis dan pedas. Cumi pangkong lebih cocok disantap seperti ini ketimbang dengan nasi putih. Makanan ini juga lebih banyak ditemui saat bulan Ramadhan, namun masih banyak pedagang yang menjual makanan ini di luar bulan Ramadhan.

Share and Enjoy !

0Shares

suzcuise31

0Shares
0 0